Sejarah panjang Arsitektur mengintip Indonesia Singkat

Sejarah panjang Arsitektur mengintip Indonesia Singkat

wajah arsitektur Indonesia memiliki karakter dan cerita panjang khas. Tidak heran banyak orang yang tertarik dalam mempelajari transformasi dunia mulai dari arsitektur tradisional Indonesia hingga terbentuknya modernisasi saat ini. Ingin tahu perkembangan arsitektur Indonesia? Mendengarkan kilas balik singkat sejarah panjang arsitektur Indonesia berikut:

Sejarah panjang Arsitektur mengintip Indonesia Singkat - cource dekoruma.com
Sejarah panjang Arsitektur mengintip Indonesia Singkat – cource dekoruma.com

Sejarah panjang Arsitektur mengintip Indonesia Singkat

Vernakular Arsitektur Epoch Indonesia

Salah satu yang menarik dari wajah arsitektur Indonesia adalah adanya berbagai rumah tradisional yang berkisar dari berbagai daerah di Nusantara. Kekayaan arsitektur tradisional juga dikenal sebagai arsitektur vernakular.

Di masa lalu, arsitektur Indonesia untuk tumbuh dan berkembang dari masyarakat adat dan merupakan bagian dari identitas, budaya, dan tradisi peradaban asli daerah. Indonesia kaya akan etnis, akhirnya mewariskan arsitektur wajah Indonesia yang beragam dan Anda dapat melihat sebagai Tower House, Rumah Limas, Joglo rumah ke rumah Java ,, Honai di Papua.

Masuknya Pengaruh Hindu-Buddha di Arsitektur Indonesia

Kemudian, masuknya ajaran Hindu-Budha ke Nusantara juga memberikan efek arsitektur Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari awal sampai pembangunan berbagai kuil yang khas dengan penggunaan relief bahan batu dan juga khas. wajah arsitektur Indonesia saat ini Anda masih bisa melihat sisa-sisa di bangunan bersejarah seperti Borobudur atau Prambanan.

Sampai saat ini, unsur-unsur arsitektur di Indonesia selama Hindu-Buddha masih sering digunakan untuk mengubah kesan bahwa etnis untuk bangunan modern, Anda tahu.

Arsitektur Indonesia di kerajaan Islam Glory Kerajaan Nusantara

Setelah era Hindu-Buddha, masuknya Islam ke Nusantara membuat lahirnya banyak kerajaan Islam di Nusantara. Pada awalnya, arsitektur Indonesia belum begitu berubah, hanya penggunaan ornamen Islam mulai dikenal. Banyak masjid kuno yang beradaptasi dengan bentuk dan arsitektur bangunan Hindu-Budha.

Semakin lebar ajaran Islam dan masuknya Musafir dari Timur Tengah dan kemudian mulai memberikan pengaruh arsitektur Islam khas dari negara-negara Timur Tengah pada arsitektur Indonesia saat itu.

Era kolonisasi dan Wajah Baru Arsitektur Indonesia

Lalu, masukkan penjajahan Belanda, yang berlangsung selama tidak kurang dari tiga setengah abad. Tidak diragukan lagi, selama pendudukan, Belanda juga membangun kota di Indonesia. Dan tidak terlibat langsung dalam pengembangan arsitektur dunia di Indonesia pada waktu itu.

Berbagai bangunan bergaya Belanda yang dimodifikasi untuk beradaptasi dengan iklim tropis menjamur di kota-kota besar. Gaya klasik arsitektur telah menjadi wajah Indonesia pada saat itu.

Efek pada masa kinipun arsitektur Indonesia masih bisa dirasakan dari penggunaan material kaca patri yang masih ada saat ini dan juga berbagai detail ukiran yang sering digunakan dalam gaya tempat tinggal klasik.

Arsitektur modern dan Era Kontemporer

Kemudian kemerdekaan Indonesia. Perlahan wajah arsitektur Indonesia datang bersih lebih pundi-pundi konstruksi mulai ekonomi. arsitek tokoh modern seperti Frederich Silaban hadir berubah di arsitektur Indonesia menjadi lebih relevan dan modern.

Sampai saat ini, gaya arsitektur Indonesia menjelma menjadi wajah yang lebih modern dan kontemporer karena kombinasi dan pengaruh berbagai gaya yang telah tumbuh lama di Indonesia yang menelurkan kekayaan arsitektur untuk nusantara.

Itu arsitektur Indonesia perjalanan panjang hingga terbentuknya lebih masuk akal arsitektur Indonesia modern dan beragam sekarang. Meski telah berubah, gaya arsitektur di Indonesia pada periode sejarah tertentu sampai sekarang masih bisa dilihat sebagai nilai-nilai estetika yang masih menikmati lakukan sampai sekarang.

Kaya tidak arsitektur di Indonesia? Jadi bisa dibanggakan dunia arsitektur Indonesia, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *