Arsitektur Lansekap, Jangan menyamakan dengan arsitektur secara umum

Arsitektur Lansekap, Jangan menyamakan dengan arsitektur secara umum

Arsitektur adalah terkait erat dengan desain atau konstruksi sebuah bangunan. Seperti arsitektur, arsitektur lansekap memiliki fokus yang berbeda, yaitu pada urutan lingkungan atau daerah di luar gedung.

Meskipun terdengar mirip dan sama-sama mempengaruhi perencanaan atau desain suatu daerah, perlu dicatat bahwa arsitektur lansekap hampir sama pentingnya dengan arsitektur pada umumnya. Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan dalam arsitektur dengan arsitektur lansekap berikut.

Arsitektur Lansekap, Jangan menyamakan dengan arsitektur secara umum - cource dekoruma.com
Arsitektur Lansekap, Jangan menyamakan dengan arsitektur secara umum – cource dekoruma.com

Arsitektur Lansekap, Jangan menyamakan dengan arsitektur secara umum

Arsitektur Lansekap, Arsitektur di Lingkup Mikro

Dalam hal definisi, tentu saja, Anda tahu apa itu arsitektur. Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan desain lingkungan, mulai dari tingkat makro seperti desain perkotaan, daerah lingkungan dan lanskap dengan lingkup mikro, seperti arsitektur, interior, dan sebagainya.

Dari lingkup pengerjaan arsitektur makro dan mikro, kita dapat mengetahui apakah arsitektur lanskap adalah bagian dari seni tingkat arsitektur makro. Meskipun mereka bekerja di bidang desain, arsitektur umumnya berfokus pada perencanaan bangunan, sementara fokus pada desain arsitektur lansekap dari daerah luar.

Tanggung jawab dan Peran Arsitek

Bekerja sebagai seorang arsitek, baik dalam bidang arsitektur atau arsitektur lansekap, adalah profesi yang menuntut ilmu pasti dan ketelitian. Kedua profesi ini juga memerlukan pengetahuan terkait dengan peraturan lingkungan dan kode etik pada struktur bangunan pekerjaan.

Arsitek, baik dalam arsitektur atau arsitektur lansekap, juga harus sering bertemu dan berdiskusi dengan proyek-proyek konstruksi klien, sementara juga mempersiapkan proposal dan anggaran yang sesuai. Mereka juga adalah tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam setiap tahapan proyek, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan.

Di sini sekali lagi, fokus profesi ini akan berbeda di mana arsitektur diperlukan pada proyek properti residensial atau kantor, sementara perencanaan arsitektur lanskap di luar daerah sekitar perumahan struktur atau kantor. Oleh karena itu, seorang arsitek lanskap harus berpikir desain lingkungan yang dapat melengkapi dan mempercantik daerah sekitar bangunan utama secara keseluruhan.

Kesalahpahaman Arsitektur Lansekap

Mendengar istilah arsitektur lanskap, mungkin banyak yang langsung berpikir bahwa profesi terkait erat dengan tanaman urusan dunia atau tukang kebun profesional. Hal ini penting untuk dicatat bahwa arsitektur lansekap adalah seni sejati sangat luas, dengan skala proyek yang cukup bervariasi juga.

Tak jarang, arsitektur lansekap mampu menutupi area yang luas dengan konsep urban fasilitas umum, manajemen dan tata kelola air, ruang terbuka hijau, desain saluran air, untuk detail konstruksi. Anda bisa mengatakan, seni arsitektur adalah fungsi cukup penting dalam menentukan penggunaan ruang publik ramah dan juga memiliki kontribusi yang lebih tinggi kepada masyarakat.

Pengembangan lingkup yang lebih luas

arsitektur lansekap juga memainkan peran penting dalam pengembangan negara global. Di Indonesia, ilmu arsitektur lansekap atau landscape tidak hanya di pengaturan darat, tetapi juga prihatin dengan sifat daerah tropis, dengan mempertimbangkan iklim dan potensi bencana alam. Arsitektur ini juga mengintegrasikan seni antara alam dan kepentingan manusia.

Oleh karena itu, seni arsitektur lanskap seharusnya tidak lagi dianggap remeh atau diabaikan. Tujuan dari seni arsitektur ini akan membawa banyak manfaat, baik jangka pendek dan jangka panjang, seperti meningkatkan keindahan, harmoni, kenyamanan dan keamanan lingkungan.

Manfaat Arsitektur Lansekap

Dalam jangka panjang pula, arsitektur lansekap dapat menyimpan dan memperbaiki lingkungan karena dapat dirancang dengan cara untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia dalam memanfaatkan kebutuhan lahan secara efisien, tanpa merusak sumber daya alam yang ada dan mendukung kehidupan sosial dan ekonomi.

Terakhir, arsitektur lansekap akan mampu menciptakan tempat tinggal yang lebih baik dari sebelumnya, baik dari segi populasi, hubungan dengan alam dan struktur kualitas hidup yang lebih baik lebih memuaskan.

arsitek lansekap sekarang semakin dicari untuk tidak hanya bangunan saja, terlihat di sekitar gedung juga diperlukan untuk membawa nilai estetika juga. Setelah mengetahui perbedaan arsitektur lansekap, apakah Anda tertarik untuk belajar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *